12 Manfaat Kayu Manis bagi Kesehatan Tubuh yang Perlu Diketahui

16 views

OhMyWeb.Info – 12 Manfaat Kayu Manis bagi Kesehatan Tubuh yang Perlu Diketahui, 12 Manfaat Kayu Manis bagi Kesehatan Tubuh yang Perlu Diketahui

12 Manfaat Kayu Manis bagi Kesehatan Tubuh yang Perlu Diketahui

Kayu manis ialah sejenis pohon penghasil rempah-rempah. Termasuk ke dalam jenis rempah-rempah yang amat beraroma, manis, dan pedas. Kayu manis merupakan salah satu bumbu makanan tertua yang digunakan manusia. Tanaman ini banyak tumbuh di Indonesia, seperti di Sumatera. Diperkirakan, tanaman yang memiliki nama ilmiah Cinnamomum verum ini telah digunakan oleh masyarakat Mesir Kuno sejak 5000 tahun yang lalu. Sementara dalam pengobatan tradisional Tiongkok, kayu manis digunakan pada orang yang terkena influenza atau demam. Bukan tanpa sebab, karena kayu manis mengandung senyawa yang dapat membuat tubuh lebih hangat dan nyaman. Kayu manis merupakan salah satu jenis rempah-rempah yang biasa digunakan sebagai bumbu dalam berbagai jenis makanan karena memiliki aroma khas dan rasa yang enak.

12 Manfaat Kayu Manis bagi Kesehatan Tubuh yang Perlu Diketahui
Kayu Manis

Selain menambah rasa dan memiliki bau yang sedap, kayu manis ternyata memiliki berbagai manfaat untuk kesehatan. Senyawa cinnamaldehyde yang terdapat pada kayu manis memberikan rasa dan aroma khas. Kayu manis dapat dijadikan pengawet makanan yang alami, selain itu juga mengandung serat, kalsium, zat besi dan mangan yang terbukti efektif mengurangi nyeri. Secara tradisional, kayu manis yang dicampur madu dapat dijadikan sebagai suplemen untuk berbagai penyakit, sebagai contohnya untuk pengobatan penyakit radang sendi, kulit, jantung, dan perut kembung. Berikut ini kami rangkum untuk Anda, beberapa manfaat kayu manis bagi kesehatan tubuh.

1. Mencegah kanker
Penelitian terbaru mengungkapkan bahwa kayu manis dapat mencegah sel-sel kanker dan proliferasi kanker. Menurut situs whfoods.com, mengonsumsi kayu manis secara teratur dapat mengurangi kemungkinan terkena kanker. Karenanya, kayu manis juga menjadi salah satu rempah yang dapat dijadikan solusi alternatif untuk menyembuhkan penyakit kanker secara alami.

2. Mencegah diabetes
Rempah dengan aroma manis ini bekerja terhadap pankreas. Kayu manis mengandung antioksidan yang bisa membantu mengontrol tingkat gula darah. Kayu manis membantu proses pencernaan setelah makan dan membantu memperbaiki respon insulin pada pasien diabetes tipe-2. Satu gram kayu manis diketahui dapat menurunkan tingkat gula darah, triglycerides, kolesterol buruk, dan kolesterol total pada pasien diabetes. Selain itu, kayu manis juga dapat menurunkan risiko penyakit jantung pada pasien diabetes.

3. Menurunkan kadar kolesterol
Beberapa kandungan penting pada kayu manis yaitu kalsium, serat, dan banyak mineral seperti mangan yang sangat cocok untuk kesehatan pencernaan, usus, serta melindungi dari penyakit jantung. Bahkan, kayu manis juga bisa menurunkan kolesterol. Kalsium dan serat pada kayu manis juga membantu menghilangkan garam pada tubuh dan mencegah kanker usus. Tak hanya itu, serat pada kayu manis juga bisa mengobati konstipasi atau diare.

4. Mencegah maag
Kulit pohon penghasil rempah-rempah ini memiliki komponen anti-infeksi alami yang sangat bermanfaat untuk kesehatan tubuh. Dalam berbagai penelitian diungkapkan bahwa kayu manis terbukti ampuh menghilangkan bakteri Helicobacter pylori yang dapat menyebabkan sakit maag, dan berbagai jenis penyakit lainnya yang disebabkan oleh bakteri ini.

5. Mencegah pembekuan darah
Cinnamaldehyde adalah senyawa organik yang memberikan kayu manis rasa dan bau yang khas. Senyawa ini bermanfaat untuk mencegah pembekuan darah. Kayu manis mengeluarkan asam lemak anti-imflamantasi yang disebut arachidonic. Asam lemak berperan penting untuk mengurangi radang dan pembekuan darah.

6. Meningkatkan kinerja otak
Menghirup aroma kayu manis diketahui dapat meningkatkan aktivitas otak. Selain itu, aroma kayu manis juga bisa meningkatkan proses kognitif seseorang dan membantu dalam hal berkonsentrasi, dan mengingat. Ini merupakan salah satu cara mudah untuk meningkatkan fungsi otak dengan cepat yang bisa Anda terapkan dirumah.

7. Meringankan rematik
Kayu manis dapat mengurangi rasa sakit yang disebabkan oleh rematik. Dalam penelitian yang dilakukan di department of internal medicine mengungkapkan bahwa kayu manis juga dapat mengurangi sitokin (protein utama yang larut dalam air sebagai mediator dan pengatur sistem imun tubuh, hematopoesis, dan inflamasi) yang dapat menyebabkan rematik atau nyeri sendi. Kayu manis merupakan obat alami dan jauh lebih baik daripada obat penghilang rasa sakit.

8. Menurunkan berat badan
Mengonsumsi kayu manis secara rutin dapat membantu menurunkan berat badan. Hal ini terkait adanya senyawa Cinnamon pada kayu manis yang dapat mempercepat dan meningkatkan metabolisme tubuh dan membantu menurunkan berat badan dengan mudah. Namun harus diimbangi dengan diet sehat dan berolahraga secara teratur.

9. Meningkatkan sistem imun tubuh
Mengkonsumsi kayu manis secara teratur dapat membantu meningkatkan sistem imun tubuh. Ketika Anda mengonsumsi vitamin C, ada baiknya menambahkan beberapa ekstra kayu manis untuk menu harian Anda. Ini merupakan salah satu solusi terbaik untuk mengatasi atau mengurangi resiko terkena berbagai penyakit.

10. Mengurangi migrain
Selain bermanfaat untuk meningkatkan sistem imun, kayu manis juga diketahui ampuh untuk mengatasi migrain dan dapat menghentikan migrain berkembang. Jika Anda gangguan kronis yang ditandai dengan terjadinya sakit kepala ringan hingga berat yang kerap berkaitan dengan gejala-gejala sistem syaraf otonom “migrain”, sebaiknya tambahkan beberapa bubuk kayu manis untuk menu harian Anda.

11. Mencegah alzheimer
Sebuah penelitian terbaru menyebutkan bahwa konsumsi kayu manis berperan penting dalam penyembuhan penyakit Alzheimer. Roshni George dan Donald Graves dari UC Santa Barbara, dua ilmuwan dari Amerika Serikat ini membuktikan bahwa kandungan cinnamaldehyde dan epicatechin dalam kayu manis bisa mencegah penyakit Alzheimer. Kedua senyawa ini berfungsi mencegah pembentukan serabut kusut di sel otak yang menjadi ciri khas Alzheimer.

12. Mencegah penyakit jantung
Selain mengandung antioksidan, antibakteri, dan anti-infeksi, kayu manis yang memiliki sifat anti-inflamasi ini sangat efektif dalam melindungi jantung terhadap sebuah kerusakan maupun infeksi atau peradangan, terutama pada arteri yang disebabkan oleh sejumlah makanan berlemak. Tak tanggung-tanggung, bahkan kayu manis juga dapat digunakan sebagai pasta gigi dan obat kumur karena sifat antibakteri yang terkandung di dalamnya.

Terima Kasih Atas kunjungan anda di halaman  12 Manfaat Kayu Manis bagi Kesehatan Tubuh yang Perlu Diketahui, Jangan lupa untuk Membookmars Halaman ini jika  12 Manfaat Kayu Manis bagi Kesehatan Tubuh yang Perlu Diketahui berguna untuk anda.

Leave a reply "12 Manfaat Kayu Manis bagi Kesehatan Tubuh yang Perlu Diketahui"