Ini 7 Makanan Tinggi Lemak yang Baik bagi Kesehatan Tubuh

17 views

OhMyWeb.Info – Ini 7 Makanan Tinggi Lemak yang Baik bagi Kesehatan Tubuh, Ini 7 Makanan Tinggi Lemak yang Baik bagi Kesehatan Tubuh

Ini 7 Makanan Tinggi Lemak yang Baik bagi Kesehatan Tubuh

Sumber lemak dapat dibedakan menjadi dua, yaitu lemak yang berasal dari tumbuhan (lemak Nabati) dan lemak yang berasal dari hewan (lemak hewani). Lemak tak jenuh atau lemak tak jenuh tunggal dapat diperoleh dari biji-bijian seperti biji bunga matahari dan buah zaitun. Beberapa manfaat lemak tak jenuh tunggal yaitu mencegah penyakit kardiovaskuler, melindungi organ tubuh, mencegah terjadinya pengumpulan molekul lemak, melancarkan aliran darah, meningkatkan HDL dan membantu menurunkan LDL. Lemak tak jenuh ganda (lemak esensial) dapat diperoleh dari makanan nabati, dan bentuk lain hanya bisa diperoleh dari sumber hewani.

Ini 7 Makanan Tinggi Lemak yang Baik bagi Kesehatan Tubuh
Ilustrasi Wijen

Penelitian menunjukkan bahwa lemak tak jenuh ganda baik bagi tubuh, terutama untuk jantung dan otak. Selain itu, lemak tak jenuh ganda juga dapat meningkatkan fungsi jantung, meningkatkan memori, serta perlindungan terhadap kanker, arthritis, dan asma. Banyak orang menghindari makanan tinggi lemak sebagai langkah pertama untuk menurunkan berat badan. Ini salah, karena tubuh membutuhkan lemak meski tidak terlalu banyak. Lemak memberikan energi bagi tubuh, menyehatkan kulit dan rambut, juga membantu menyerap vitamin tertentu dan bahkan membuat tubuh hangat.Diet tinggi lemak jenuh yang ditemukan pada produk hewani dan beberapa minyak nabati dapat menyebabkan masalah kesehatan pada jantung. Akan tetapi mengkonsumsi makanan lemak tak jenuh dalam jumlah yang tepat justru dapat melindungi jantung. Berikut beberapa makanan lemak tak jenuh yang dapat Anda konsumsi.

1. Wijen
Tumbuhan semak yang termasuk dalam famili Pedaliaceae ini dibudidayakan sebagai sumber minyak nabati, yang dikenal sebagai minyak wijen. Wijen biasanya ditemukan dalam produk roti atau jajanan tradisional onde-onde. Namun wijen juga dapat diolah menjadi berbagai macam pelengkap masakan. Wijen tidak hanya kaya lemak sehat, tapi juga seng, protein, dan serat. Selain itu, biji wijen juga kaya akan vitamin E. Satu sendok makan biji wijen mengandung 2 gram lemak tak jenuh ganda, dan 1,5 lemak tak jenuh tunggal. Selain wijen, biji labu juga kaya lemak sehat. Satu ons biji labu mengandung 2,5 gram lemak tak jenuh ganda, dan 2 gram lemak tak jenuh tunggal.

2. Biji rami
Biji rami atau flaxseed adalah makanan terbaru yang memiliki manfaat berlimpah dalam hal kesehatan. Biji ini diperoleh dari tanaman rami yang lebih dikenal sebagai tanaman pembuat kain linen. Biji rami mengandung banyak nutrisi, serat, serta alpha-linoleic acid. Satu sendok makan biji rami yang ditaburkan ke dalam yogurt, salad, sup, atau smoothies, berisi 4 gram lemak termasuk 3 gram lemak tak jenuh ganda, dan 1 gram lemak tak jenuh tunggal. Biji rami mengandung lignan 75 sampai 800 kali lebih banyak dari biji-bijian lain. Lignan merupakan senyawa yang berfungsi sebagai antioksidan.

3. Salmon
Salmon dianggap memiliki kandung Omega-3 tertinggi yang berfungsi untuk meningkatkan fungsi otak. Ikan salmon juga kaya asam amino yang berguna untuk kesehatan. Salmon mungkin salah satu ikan yang paling terkenal, tapi tuna, mackerel, dan sarden juga menawarkan dosis yang sehat untuk jantung dari lemaknya. Satu porsi salmon chinook (Oncorhynchus tshawytscha) mengandung 9 gram lemak, termasuk 2,5 gram lemak tak jenuh ganda, dan 4 gram lemak tak jenuh tunggal. Sementara, salmon coho (Oncorhynchus kisutch) mengandung 5 gram lemak. Beberapa nutrisi penting yang terkandung dalam ikan salmon yaitu vitamin A, vitamin B, vitamin D, selenium, kalsium, dan zat besi.

4. Almond
Buah yang dihasilkan oleh pohon Prunus dulcis ini merupakan salah satu makanan tinggi lemak yang wajib dikonsumsi. Kacang almond memiliki kalori yang paling rendah. Almond memiliki banyak kandungan asam lemak tak jenuh, yang dapat menurunkan LDL. Satu ons kacang almond mengandung lebih dari 14 gram lemak, termasuk 3,5 gram lemak tak jenuh ganda, dan 9 gram lemak tak jenuh tunggal. Nutrisi lain yang terdapat pada almond yaitu vitamin B, vitamin C, kalium, kalsium, magnesium, zat besi, fosfor, dan seng. Selain itu, almond juga kaya akan vitamin E.

5. Telur
Satu butir telur utuh memberikan hampir seluruh kebutuhan harian kalori. Satu butir telur ayam mengandung 5 gram lemak, termasuk 1 gram lemak tak jenuh ganda, dan 2 gram lemak tak jenuh tunggal. Meskipun putih telur memiliki sedikit nutrisi dibanding kuning telur, namun masih merupakan pilihan yang sehat bagi yang takut kolesterol. Karena putih telur juga mengandung beberapa mineral penting termasuk kalsium, kalium, fosfor, magnesium, seng, tembaga, dan zat besi.

6. Zaitun
Zaitun merupakan salah satu tumbuhan yang diberkahi dan memiliki sejuta manfaat bagi kesehatan tubuh. Minyak Zaitun merupakan minyak yang sehat karena memiliki kandungan lemak tak jenuh. Campuran 10 buah zaitun dalam salad mengandung 5 gram lemak, 0,4 gram di antaranya lemak tak jenuh ganda, dan 3,5 gram di antaranya lemak tak jenuh tunggal. Jika Anda kurang menyukai buah zaitun, minyak zaitun juga mengandung lemak sehat. Satu sendok makan minyak zaitun mengandung 13 gram lemak, termasuk 1,5 gram lemak tak jenuh ganda, dan 10 gram lemak tak jenuh tunggal.

7. Avokad
Avokad mengandung lemak yang cukup tinggi. Kandungan lemak yang terdapat pada avokad merupakan lemak tak jenuh yang bermanfaat bagi kesehatan tubuh. Setengah dari buah avokad mengandung hampir 15 gram total lemak dan hampir 10 gram di antaranya adalah lemak tak jenuh tunggal, dan 2 gram lemak tak jenuh ganda. Kandungan lemak tak jenuh pada buah avokad berfungsi sebagai obat alami untuk penurun kadar kolesterol darah, mencegah darah tinggi, kanker, penyakit jantung, dan stroke.

Terima Kasih Atas kunjungan anda di halaman  Ini 7 Makanan Tinggi Lemak yang Baik bagi Kesehatan Tubuh, Jangan lupa untuk Membookmars Halaman ini jika  Ini 7 Makanan Tinggi Lemak yang Baik bagi Kesehatan Tubuh berguna untuk anda.

Leave a reply "Ini 7 Makanan Tinggi Lemak yang Baik bagi Kesehatan Tubuh"