Tips Mengatasi Ketombe dengan Mudah dan Cepat

16 views

OhMyWeb.Info – Tips Mengatasi Ketombe dengan Mudah dan Cepat, Tips Mengatasi Ketombe dengan Mudah dan Cepat

Tips Mengatasi Ketombe dengan Mudah dan Cepat

Ketombe (Pityriasis capitis) adalah pengelupasan kulit mati yang berlebih di kulit kepala. Wikipedia menjelaskan, ketombe bisa juga gejala seborrhoeic dermatitis, psoriasis, infeksi jamur atau kutu rambut. Bila mengalami ketombe, menggaruk kepala secara berlebih harus dihindari. Karena dapat menyebabkan kerusakan kulit, yang selanjutnya meningkatkan risiko infeksi, terutama dari bakteri staphylococcus aureus dan streptococcus. Meskipun infeksi bakteri ini merupakan risiko terbesar dari ketombe, kebanyakan orang akan menemukan bahwa ketombe dapat menyebabkan isu sosial seperti hilangnya kepercayaan diri bagi penderitanya. Karenanya, pengobatan segera menjadi sangat penting untuk alasan tersebut.

Tips Mengatasi Ketombe dengan Mudah dan Cepat
Ilustrasi Ketombe

Sejalan dengan pertumbuhan kulit, sel-sel epidermal akan terdorong keluar, di mana mereka pada akhirnya mati dan terkelupas dari kepala. Pada umumnya, pengelupasan ini terlalu kecil untuk dapat diamati. Namun, kondisi tertentu menyebabkan pergantian atau pertumbuhan sel menjadi terlalu cepat, khususnya yang terjadi di kulit kepala. Pada orang memiliki ketombe, sel-sel kulit mungkin mati dan digantikan setiap dua minggu, sedangkan pada orang tanpa ketombe, siklus ini berlangsung setiap satu bulan. Hasilnya, sel-sel kulit mati akan terlepas dan menumpuk dalam jumlah yang besar, yang tampak sebagai kepingan-kepingan kecil berwarna putih atau kelabu di kulit kepala.

Ketombe dalam beberapa kasus merupakan masalah nutrisi, khususnya yang disebabkan oleh defisiensi mineral seng. Seng dapat ditemukan dalam makanan seperti kerang-kerangan, ayam kalkun, dan kacang-kacangan. Ketombe adalah salah satu masalah rambut yang kerap dihadapi oleh setiap orang. Secara umum, ketombe atau yang dalam Bahasa Inggris disebut dandruff ini disebabkan ketika jamur Malassezia tumbuh pada kulit kepala. Ada banyak cara untuk menghilangkan ketombe. Banyak produk yang tersedia di pasar untuk mengobati ketombe. Tapi kadang-kadang produk tersebut tidak efektif untuk menjaga kulit kepala tetap bersih. Pengelupasan kulit kepala dapat minimalisir, khususnya bagi mereka yang mengalami masalah ketombe yang tidak terlalu banyak, yaitu dengan perawatan rambut yang tepat. Berikut ini beberapa solusi yang dapat dilakukan untuk mengatasi ketombe, rasa gatal, dan iritasi di kulit kepala.

1. Menggunakan minyak zaitun
Minyak yang didapat dari buah zaitun, pohon tradisional dari basin Mediterania ini juga sangat berguna untuk mengatasi ketombe. Pijat kulit kepala dengan minyak zaitun secara teratur sebelum tidur dan diamkan selama satu malam. Selain itu, anda dapat menggunakan campuran daun jarak dan minyak zaitun. Oleskan campuran daun jarak dan minyak zaitun ke kulit kepala. Kemudian bungkus kepala dengan handuk selama 15 menit, lalu cuci dengan sampo.

2. Menggunakan gel lidah buaya
Tanaman yang satu ini memang memiliki banyak manfaat. Selain untuk menghilangkan bekas jerawat, juga bermanfaat untuk mengatasi ketombe. Gel yang terbuat dari tanaman lidah buaya ini dapat dijadikan sebagai bahan untuk menghilangkan ketombe. Oleskan gel lidah buaya pada kulit kepala dan dipijat halus. Kemudian diamkan beberapa menit, lalu dicuci dengan air bersih.

3. Menggunakan cuka apel
Cuka apel adalah minuman yang terbuat dari sari apel yang difermentasikan. Cuka apel dipercaya mempunyai banyak khasiat untuk kesehatan tubuh, salah satunya adalah untuk mengatasi ketombe. Setelah mencuci rambut dengan kondisioner, tambahkan beberapa tetes cuka apel ke dalam cangkir yang berisi air dan gunakan untuk membilas kulit kepala.

4. Menggunakan jus apel
Selain berguna untuk menurunkan risiko kanker, dan menurunkan berat badan, jus apel juga bermanfaat untuk mengatasi ketombe. Pijat kulit kepala dengan jus apel. Sebelum mengaplikasikannya, sebaiknya bilas rambut anda terlebih dahulu.

5. Hindari paparan sinar ultraungu
Radiasi ultraungu atau sering disingkat UV hadir dalam sinar matahari. Karenanya, jangan biarkan rambut anda terpapar sinar matahari secara berlebih karena sinar ultraviolet atau ultraungu berbahaya dan dapat mengeringkan rambut.

6. Perbanyak minum air dan konsumsi makanan tertentu
Air adalah senyawa penting bagi setiap kehidupan. Minumlah banyak air berguna untuk menjaga tubuh agar tetap sehat dan bersih. Minuman yang tidak sehat seperti cola, soda, dan minuman ringan merupakan salah satu penyebab munculnya ketombe. Selain itu, makan cepat saji seperti pizza, burger, pasta, gorengan dan sejenisnya wajib dihindari. Konsumsi makanan yang kaya akan protein seperti telur dan almond.

7. Hindari kelelahan
Kelelahan adalah suatu kondisi yang memiliki tanda berkurangnya kapasitas yang dimiliki seseorang untuk bekerja dan mengurangi efisiensi prestasi, dan biasanya hal ini disertai dengan perasaan letih dan lemah. Kelelahan cenderung meningkatkan munculnya ketombe. Beberapa faktor lain seperti menyisir rambut, kurangnya pemeliharaan rambut juga dikatakan alasan penyebab ketombe.

8. Menggunakan telur
Telur adalah salah satu makanan yang paling mudah untuk ditemui di mana-mana. Baik itu telur dari ayam maupun telur bebek. Tapi tahukah Anda? Telur yang Anda biasa konsumsi sehari-hari memiliki manfaat untuk menghilangkan ketombe. Cara mengaplikasikannya, kocok beberapa butir telur kemudian oleskan pada kulit kepala. Diamkan selama dua jam. Lalu cuci dengan air bersih. Selain berguna untuk mengurangi jumlah ketombe, telur berkhasiat untuk melembutkan rambut.

9. Menggunakan jus lemon dan minyak kelapa
Ramuan ini merupakan salah satu solusi terbaik untuk ketombe yang bisa anda terapkan. Campur kedua bahan lalu aduk hingga merata. Gunakan campuran jus lemon dan minyak kelapa ini untuk memijat kulit kepala selama 15 menit.

10. Gunakan sampo yang tepat
Sebenarnya, dengan mencuci rambut secara reguler, kulit-kulit mati akan terlepas sebelum terkumpul banyak. Sampo yang tepat akan membantu mengembalikan tingkat keasaman kuilt kepala yang baik, memecah minyak, dan mencegah sel-sel kulit mati bertumpuk menjadi serpihan. Namun, sampo yang tidak ditujukan secara khusus untuk pengobatan, ataupun sampo yang bukan untuk pengobatan seborrhoeic dermatitis, tidak memiliki efek untuk mengobati kulit yang teriritasi dan merah. Pengobatan ketombe dapat dilakukan dengan memberikan sampo yang tepat.

Terima Kasih Atas kunjungan anda di halaman  Tips Mengatasi Ketombe dengan Mudah dan Cepat, Jangan lupa untuk Membookmars Halaman ini jika  Tips Mengatasi Ketombe dengan Mudah dan Cepat berguna untuk anda.

Leave a reply "Tips Mengatasi Ketombe dengan Mudah dan Cepat"