Tips Merawat Wajah dengan Masker Kulit Buah

11 views

OhMyWeb.Info – Tips Merawat Wajah dengan Masker Kulit Buah, Tips Merawat Wajah dengan Masker Kulit Buah

Tips Merawat Wajah dengan Masker Kulit Buah

Setelah mengkonsumsi buah-buahan seperti manggis atau pisang, pastikan Anda tidak membuang kulitnya. Pasalnya, kulit buah ini dapat dimanfaatkan untuk merawat kecantikan kulit.

Tips Merawat Wajah dengan Masker Kulit Buah
Ilustrasi Buah Kiwi

Tak hanya daging buahnya, karena beberapa jenis kulit buah mengandung banyak nutrisi yang bermanfaat untuk kesehatan kulit. Lantas, bagaimana cara memanfaatkan kulit buah tersebut untuk perawatan kulit? Berikut ini kami rangkum untuk Anda, ragam khasiat dan cara menggunakan kulit buah untuk perawatan kecantikan kulit.

1. Kulit manggis
Manggis yang memiliki nama ilmiah Garcinia mangostana ini telah digunakan dalam pengobatan tradisional Cina kuno yang tercatat dalam sejarah Dinasti Ming. Tak hanya buahnya, ternyata kulit manggis juga memiliki manfaat penting bagi kesehatan dan kecantikan kulit. Kerna di dalam kulit manggis terdapat senyawa bernama Xanthone yang berwarna ungu. Senyawa ini merupakan kumpulan molekul biologi yang sangat aktif di dalam kulit buah manggis.

Mengencangkan kulit
Senyawa yang terkandung pada kulit manggis bermanfaat sebagai anti-aging dan menangkal radical bebas yang menyebabkan kerusakan kulit. Jika dikonsumsi secara teratur, kulit manggis yang dijadikan jus bisa menjadikan kulit lebih kencang dan memperlambat proses penuaan.

Menyehatkan kulit
Blender kulit manggis, kemudian oleskan pada wajah. Diamkan selama 30 menit lalu cuci dengan air dingin. Kulit manggis yang dioleskan ke kulit wajah bisa menjadikan wajah berseri dan sehat. Nutrisi yang tinggi dalam kulit buah ini memiliki banyak manfaat bagi kesehatan dan kecantikan kulit.

Menghilangkan jerawat
Selain bermanfaat untuk menyehatkan kulit, kulit manggis juga berkhasiat untuk menghilangkan jerawat. Oleskan kulit manggis yang telah diblender pada wajah yang berjerawat kemudian diamkan selama 15 menit. Setelah itu, cuci dengan air bersih.

2. Kulit pisang
Buah pisang memiliki lebih dari dua kali lipat karbohidrat dan lima kali lipat vitamin A dibandingkan buah apel. Selain itu, pisang juga kaya akan potasium. Karenanya, buah pisang sangat bermanfaat bagi kesehatan tubuh. Meski demikian, ternyata kulit pisang juga bermanfaat.

Melembapkan kulit
Kulit pisang mengandung nutrisi pelembap yang bisa menjaga agar kulit tidak kering. Haluskan kulit pisang, lalu campurkan dengan satu kuning telur omega. Aplikasikan sebagai masker wajah. Diamkan selama 5 menit, kemudian bilas wajah hingga bersih.

Menyembuhkan jerawat
Bagian dalam kulit pisang yang diusapkan ke kulit wajah, dada, atau punggung yang berjerawat selama 5 menit bisa membantu meredakan inflamasi dan mengeringkan jerawat.

Memutihkan gigi
Gosokkan bagian dalam kulit pisang di gigi setiap hari selama satu menit. Ini bisa membantu gigi terlihat lebih putih secara alami.

Menghilangkan kutil
Kulit pisang bisa dimanfaatkan untuk menyingkirkan kutil. Tempelkan bagian dalam kulit pisang pada kutil. Diamkan semalaman.

Mengatasi gigitan nyamuk
Kulit pisang ternyata juga bisa meredakan rasa gatal dan ruam kemerahan yang disebabkan karena gigitan nyamuk. Tempelkan bagian dalam kulit pisang yang masih segar di area kulit yang digigit nyamuk.

3. Kulit pepaya
Seperti yang kita ketahui bahwa buah pepaya sangat baik untuk kesehatan tubuh. Namun tahukah Anda, ternyata kulit pepaya juga bisa dimakan dan bergizi. Ya, kulit pepaya memiliki banyak manfaat dan nutrisi.

Menghilangkan noda hitam
Bintik hitam atau noda hitam di kulit dapat diatasi dengan kulit pepaya. Oleskan kulit pepaya matang ke wajah. Diamkan selama 15 menit lalu bilas dengan air bersih. Ini merupakan cara alami untuk mengatasi bintik hitam di kulit.

Mengatasi paparan sinar matahari
Kulit pepaya diketahui memiliki sifat penyembuhan. Selain berguna untuk mengobati ruam, kulit dari buah pepaya matang juga ampuh untuk mengatasi paparan sinar matahari. Oleskan kulit pepaya matang pada kulit dan diamkan sampai mengering, lalu cuci dengan air bersih.

Mengatasi penuaan
Kulit pepaya dapat membantu dalam mengurangi dan mengobati tanda-tanda penuaan. Oleskan kulit pepaya matang ke wajah. Biarkan selama 15 menit, lalu cuci dengan air dingin. AHA atau Alfa-Hydroxy Acid yang terdapat pada kulit pepaya dapat membantu untuk mengatasi tanda-tanda penuaan.

4. Kulit jeruk
Jeruk atau limau banyak dimanfaatkan sebagai bahan pangan, wewangian, maupun industri. Buah yang paling populer di dunia dan salah satu yang paling bergizi diantara buah-buahan lainnya ini memiliki banyak manfaat bagi kesehatan tubuh. Meski demikian, ternyata kulit jeruk juga memiliki peran penting bagi kesehatan kulit.

Menyehatkan rambut
Kulit jerut bisa membantu menutrisi dan membersihkan rambut. Oleskan kulit jeruk yang telah diblender dan dicampur air ke rambut dan biarkan semalaman untuk menyehatkan rambut dan mengatasi ketombe.

Mencerahkan kulit
Kulit jeruk yang telah diblender dan dicampurkan dengan susu atau yogurt tawar dapat digunakan sebagai masker untuk menjadikan kulit lebih cerah dan bercahaya. Oleskan pada wajah selama 30 menit kemudian cuci dengan air dingin. Kandungan dalam kulit jeruk dapat menyerap minyak di kulit muka serta mengangkat sel kulit mati sehingga kulit tampak lebih bersih, lembut, dan cerah.

Menyehatkan kuku
Minyak atsiri merupakan minyak alami yang terdapat pada kulit jeruk dapat digunakan untuk menjadikan kuku sehat dan bersinar. Gosok kuku dengan bagian luar kulit jeruk kemudian cuci dengan air.

Mengatasi tumit pecah-pecah
Kandungan kulit jeruk dapat juga digunakan untuk menghaluskan kulit pecah-pecah, seperti pada tumit. Cukup gosokkan kulit jeruk di tumit secara berkala. Kandungan asam serta garam yang terdapat pada kulit jeruk dapat mengangkat sel kulit mati pada tumit.

5. Kulit lemon
Sitrun, jeruk sitrun, atau lemon berkontribusi besar terhadap sistem imun tubuh, membantu proses penyembuhan, mencerahkan kulit, membersihkan dan membantu sistem pencernaan, juga menyegarkan nafas. Selain itu, ternyata kulit lemon juga berperan penting bagi kesehatan kulit.

Merawat kulit
Kulit lemon memiliki kandungan vitamin C dan asam sistrat yang cukup tinggi, kandungan tersebut berguna untuk menghilangkan kotoran dari sel-sel kulit. Kulit lemon juga mengandung antioksidan yang mampu mendetoksifikasi kulit. Gosok kulit dengan bagian luar kulit lemon kemudian cuci dengan air.

Menyehatkan rambut
Sifat asam yang terdapat pada kulit lemon berfungsi untuk menyeimbangkan kadar pH dan mengontrol minyak berlebih di kulit kepala. Campurkan kulit lemon ke dalam botol, kemudian tambahkan cuka sari apel hingga hampir memenuhi botol. Simpan selama 15 hari, kemudian keluarkan kulitnya dari botol. Gunakan sebagai tonik untuk rambut Anda.

Mengatasi ketombe
Selain kulit jeruk yang bermanfaat untuk mengatasi ketombe, ternyata kulit lemon juga bisa membantu menutrisi dan membersihkan rambut. Oleskan kulit jeruk yang telah diblender dan dicampur air ke rambut dan biarkan semalaman untuk mengatasi ketombe.

Menyehatkan kulit
Kulit Lemon merupakan sumber alami vitamin C dan asam sitrat, yang membantu dalam membersihkan pembuluh darah dalam tubuh dan menghilangkan semua kotoran yang terdapat pada sel-sel kulit. Kulit lemon juga bagus untuk jerawat karena mengandung antioksidan yang dapat mendetoksifikasi kulit. Konsumsi kulit lemon adalah pilihan terbaik untuk mengatasi dan menyehatkan kulit.

6. Kulit apel
Kandungan vitamin A dalam kulit apel mampu memperbaiki pertumbuhan sel. Selain itu, kandungan vitamin C pada kulit apel juga dapat memperkuat sistem imun dan meningkatkan produksi kolagen untuk kesehatan kulit. Tak hanya itu, kandungan vitamin K yang tinggi didalamnya membantu pembekuan darah. Kulit apel merupakan sumber mineral yang penting, termasuk kalsium, kalium, dan fosfor. Sementara, asam folat yang terkandung didalamnya bermanfaat untuk pembentukan sel-sel baru.

Menghilangkan kerutan
Kerutan di wajah merupakan pertanda penuaan kulit. Namun, Anda tidak perlu khawatir karena masker yang terbuat dari kulit apel akan membantu anda menghilangkan kerutan. Blender kulit apel kemudian campurkan dengan putih telur. Oleskan ke wajah secara merata. Biarkan selama 30 menit, lalu bilas dengan air bersih.

Membersihkan pori-pori kulit
Pori-pori kulit yang tersumbat dan bercampur dengan minyak juga bakteri dapat menjadi penyebab timbulnya jerawat. Membersihkan pori-pori sangat penting untuk menjaga kesehatan kulit. Blender kulit apel, kemudian tambahkan 1 sendok makan gula. Oleskan ramuan tersebut pada wajah sambil dipijat secara lembut. Diamkan selama 30 menit, lalu bilas dengan air bersih.

Mencerahkan kulit
Selain dapat membersihkan pori-pori kulit, masker kulit apel juga dapat mengatasi kulit kusam. Blender kulit apel dan tambahkan air jeruk nipis, kemudian oleskan pada kulit wajah. Diamkan selama 30 menit, kemudian bilas dengan air dingin. Kulit kusam akan menjadi cerah kembali.

7. Kulit kiwi
Tidak hanya buahnya saja yang kaya akan vitamin, namun kulit kiwi juga kaya akan mineral dan antioksidan yang dapat menjaga kulit dari kerusakan yang disebabkan oleh paparan radikal bebas. Kulit buah ini kaya akan vitamin E yang sangat bermanfaat untuk kesehatan kulit.

Mengangkat sel kulit mati
Blender kulit buah kiwi, kemudian campur dengan 3 buah stroberi dan setengah mentimun yang telah dikupas. Setelah itu, oleskan campuran tadi pada bagian wajah dan leher. Lakukan pijatan lembut untuk membantu pengelupasan sel kulit mati. Diamkan selama 15 menit, kemudian cuci dengan air hangat. Kulit akan terasa lebih segar dan bebas dari sel kulit mati.

Menghaluskan kulit
Blender kulit kiwi, kemudian oleskan pada wajah. Biarkan selama 15 menit lalu cuci dengan air dingin. Masker yang terbuat dari kulit buah kiwi ini bermanfaat untuk membersihkan kulit wajah dan membantu menghaluskan pori-pori wajah.

Terima Kasih Atas kunjungan anda di halaman  Tips Merawat Wajah dengan Masker Kulit Buah, Jangan lupa untuk Membookmars Halaman ini jika  Tips Merawat Wajah dengan Masker Kulit Buah berguna untuk anda.

Leave a reply "Tips Merawat Wajah dengan Masker Kulit Buah"